Wanita Mulia Cahaya Pertama....

Jumat, 06 Januari 2012

MYSTERY OF BRAIN


”USE IT, OR LOOSE IT” 
Inilah ungkapan yang tepat mengenai taraf kecerdasan otak yang sesungguhnya, semakin sering diasah otak tersebut, semakin sering digunakan untuk berfikir, maka semakin tajamlah analisa serta kritisnya suatu pemikiran. Hal ini sangat mempengaruhi kecerdasan seseorang baik dalam berpikir, bertindak maupun dalam menciptakan karya seni dan mengambil keputusan. Ternyata dalam otak manusia, memiliki bagian-bagian tersendiri dalam menangani tiap kecerdasan seseorang. Ada beberapa lokasi yang berbeda dengan tugas-tugas otak yang berbeda dalam pengembangannya.
Fungsi Bagian-Bagian Otak Manusia :

1. Otak Depan
Yakni area yang menentukan suatu sikap akan dilaksanakan atau tidak. Pada bagian ini tersimpan nilai-nilai agama, moral, adat istiadat serta norma-norma yang  telah tertanam sejak dini.

2. Otak Kiri
Merupakan area yang memiliki kemampuan untuk berlogika, termasuk dalam pemecahan masalah logika matematika. Pada bagian ini, menentukan seseorang dalam kecerdasan berdialog dan berdiskusi dalam menyampaikan ide-ide. 

3. Otak Kanan
Adalah area seni. Yang sangat berperan dalam menentukan sebuah karya seni dalam hal melukis, menggambar, membuat puisi, dan berbagai macam karangan. Otak kanan juga berperan Memilih kata-kata yang lebih bijak dan menarik untuk disampaikan melalui lisan.

4. Otak Kecil (Serebelum)
Area ini adalah area yang memiliki keterlibatan dalam banyak hal, yakni kognitif (pemikiran), afeksi(perasaan), otonom(kemandirian), nyeri, atensi(fokus, perhatian), eksekutif(kepemimpinan, pengambil keputusan) dan memori.

5. Sirkuit Penghargaan (Reward Circuit)
pada bagian otak, tedapat zat kimia yang bernama “Dopamin”, yakni zat kimia yang mempengaruhi senang tidaknya seseorang dalam suatu aktivitas. Ambillah contoh,  kegiatan belajar. Apabila kegiatan ini sudah disenangi,dan merasa amat nyaman saat melakukannya, maka sirkuit penghargaan  akan membuatnya kecenderungan untuk ketagihan belajar. 

6. Sirkuit Papez
Yakni, suatu saluran utama diotak besar yang berperan dalam mengontrol emosi
.
7. Area Hipokampus atau Memori
Pada bagian ini, terdapat aktivitas mengingat, dan navigasi (penguasaan ruangan) atau hafal dalam mengingat lokasi maupun rute jalan.

Ada beberapa pemahaman yang keliru mengenai otak tengah, berdasarkan informasi dari dr. Arman Yurisaldi, ternyata perangsangan otak tengah untuk meningkatkan kecerdasan belum dibuktikan dengan menggunakan metode ilmiah yang benar. Berdasarkan penelitian ahli saraf, sebenarnay bukan otak tengah yang harus dilatih untuk meningkatkan kecerdasan otak, sebagaimana yang sekarang ini sedang  trend dibicarakan banyak orang. Melainkan hubungan antara otak besar dan otak kecil lah  yang harus dilatih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar